Senin, 23 November 2015

Manajemen keuangan Internasioanal



BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
Manajemen keuangan internasional ialah perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian Keuangan Perusahaan Multinasional (Multinational Corporation yang lazim disebut MNC). Perusahaan multinasional ialah perusahaan yang beroperasi di seluruh dunia. Mereka adalah perusahaan-perusahaan besar yang dimiliki oleh kaum kapitalis global yang pusatnya di Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, Perancis, dan Inggris. Perusahaan-perusahaan itu lazim disebut konglomerat global atau kapitalis global. Mereka tidak mengenal negara, bangsa, tanah air, dalam mengembangkan kapitalnya. Dewasa ini perusahaan-perusahaan tersebut menguasai ekonomi dunia, dan menguasai ekonomi negara-negara sedang berkembang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Tujuan mereka yang utama adalah mencari keuntungan. Manajemen Keuangan Internasional atau MKI menurut Hamdy Hady (2010:3) adalah ilmu dan seni yang merupakan bagian dari ekonomi internasional yang mempelajari dan menganalisis pengelolaan fungsi POAC (Planing, Organizing, Actuating and Controlling ) sumber daya keuangan unit makro ekonomi (Negara/ Pemerintah) dan unit mikro ekonomi (Perusahaan/ Organisasi/ Perorangan) khususnya berkenaan dengan pengaruh flutuasi kurs valas terhadap aktivitas ekonomi keuangan internasional (ekspor-impor, investasipembiayaan- anggaran-pendapatan, asuransi-lindung nilai, laporan keuangan, dan kinerja keuangan

  1. RUMUSAN MASALAH
Untuk mengkaji dan mengulas tentang Manajemen bisnis Internasional di Indonesia, maka diperlukan sub-pokok bahasan yang saling berhubungan, sehingga penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut
  1. Isu-isu keuangan dalam bisnis internasional?
  2. Bagaimana mengelola resiko nilai tukar?
  3. Darimana penganggaran modal Internasional?
  4. Serta sumber-sumber Investasi di Internasional


  1. TUJUAN
Agar pembaca mengetahui ruang lingkup manajemen internasional serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.


 
BAB II
PEMBAHASAN

2.1  ISU-ISU KEUANGAN DALAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Dalam setiap transaksi bisnis,pembeli dan penjual harus menegosiasikan dan mencapai perjanjian atas isu-isu mendasar seperti harga,kuantitas dan tanggal pengiriman
Perusahaan Internasional menghadapi tantangan yang jauh lebih komplek dibandingkan dengan perusahaan domestik. Dalam setiap transaksi bisnis, yang melibatkan pembeli dan penjual dari dua negara, beberapa isu yang akan muncul :
  1. Mata uang mana yang akan dipakai untuk bertransaksi
  2. Kapan dan bagaimana mengecek kredit
  3. Bentuk pembayaran apa yang akan dipakai
  4. Bagaimana mengatur pembiayaan

  1. Pilihan mata uang
Salah satu masalah unik bagi bisnis internasional adalah memilih mata uang mana yang digunakan untuk bertransaksi.
  1. Eksportir dan Importir biasanya memiliki pilihan yang jelas dan bertentangan dalam
    menentukan mata uang yang akan dipakai.
  2. Eksportir, biasanya lebih suka dengan mata uangnya
  3. Importir, biasanya lebih suka dengan negaranya
  4. Eksportir dan Importir memilih memakai uang ketiga

Di beberapa industri, satu mata uang biasanya dipakai untuk melaksanakan transaksi komersial. Transaksi komersial adalah pertukaran yang melibatkan semacam pembayaran untuk barang atau jasa. Jenis transaksi biasanya diatur oleh hukum komersial dan harus mengikuti pedoman tertentu. Ada banyak bentuk transaksi bisnis, termasuk yang terjadi antara dua usaha terpisah, konsumen dan bisnis, antara divisi internal perusahaan dan antara dua konsumen individu. Misalnya 91% ekspor thailand memakai faktur dalam dolar Amerika.
  1. PENGECEKAN KREDIT
Isu keuangan penting lainnya dalam perdagangan internasional adalah bonafiditas dari importir (Pembeli). Indikasinya adalah kehandalan (reliability), maupun kejujuran (trustwortiness). Untuk pembeli yang mempunyai potensi resiko besar, maka penjual dapat meminta bentuk pembayaran yang dapat mengurangi resiko kredit.
Dalam transaksi komersial akan bijaksana untuk memeriksa peringkat kredit pelanggan. Perusahaan  memiliki mekannisme yang sederhana dan murah dalam melakukan transaksi bisnis domestik misalnya amerika utara perusahaan bisa meminta referensi kredit tentang informasi kredit, seperti Dun&Bradstreet. Bankir eksportir di dalam negeri sering memperoleh informasi kredit pelanggan luar negeri melalui cabang bank di luar negeri atau melalui  bank koresponden sehingga eksportir tidak perlu bingung untuk mendapatkan informasi2 tersebut.
  1. METODE PEMBAYARAN
Pihak yang terlibat dalam transaksi internasional biasanya menegosiasikan metode pembayaran berdasarkan penilaian eksportir tentang kelayakan kredit (creditworthiness) importir dan norma norma dalam industri mereka.Banyak bentuk pembayaran yang dilakukan dalam perdagangan internasional, seperti :
-Payment in advance,
- Open account
- Documentary Collection
- Letter of Credit
- Countertrade

Payment in advance
adalah metode pembayaran yang paling aman dari prekspektif eksportir.eksportir menerima uang dari importir sebelum mengirimkanbarangnya, dalam hal ini eksportir bisa mengurangi resiko danmembantu modal kerja. Namun dari perspektif importir tidak menyukai metode ini karena menhentikan penggunaan kas sebelum barangditerima, disamping masalah resioko jika eksportir gagal mengirim barang dengan kontrak penjualan karena alasan tersebut eksportir yang mendesak untuk memakai pembayaran  di muka rentan akan kehilangan penjualan pada para pesaingnya yang mau menawarkan persyaratan pembayaran yang lebih menarik. Namun, pembayaran di muka akan menjadi bentuk yang lebih disukai jika importir  memiliki resiko kredit yang besar.

Open account
Adalah pembayaran dimana barang dikirimkan  oleh eksportir diterima importir sebelum pembayaran.eksportir kemudian memberikan tagihan ke importir yang menetapkan jumlah.bentuk, dan waktu pembayaran yang diharapkan. Open account juga bisa di sebut alat pemasaran karena menawarkan pembiayaan jangka pendek bagi pembeli potensial. Open account juga memungkinkan importir untuk menghindari fee yang dipungut oleh bank jika memakai letter of credit dan documentary collection. Open account memiliki kelebihan lain yaitu mengurangi pekerjaan dokumen (paperwork) dibandingkan dengan metode pembayaran yang lain. Perspektif Eksportir umumnya tidak menyukai metode ini, karena : Reputasi importir harus bisa diandalkan, tidak melibatkan bank, dokumen tagihan harus lengkap, masalah modal kerja.

Documentary collection
Bank komersial bertindak sebagai perantara untuk memudahkan prosespembayaran sesuaipermintaan pembeli.

Letter of Credit  
Adalah surat yang dikeluarkan oleh opening bank atas permintaan importir yang ditujukan kepada eksportir dan memberi hak kepada eksportir untuk menarik wesel (sejumlah uang) setelah eksportir memenuhi syarat-syarat yang tercantum dalam L/C.
 Keuntungan bagi eksportir:
1.       Menghilangkan risiko kredit.
2.      Mengurangi bahaya penundaan pembayaran karena pengendalian nilai tukar atau tindakan politik lainnya.
3.      Mengurangi ketidakpastian.
4.      Terlindung dari risiko sebelum pengiriman.
5.      Memastikan pembayaran atas produk.

 Keuntungan bagi importir:
1.      Pembayaran dilakukan jika kondisi yang ditetapkan dalam L/C terpenuhi.
2.      Setiap dokumen yang diperlukan telah diinspeksi secara teliti oleh orang yang berpengalaman.
3.      Importir dapat meminta jangka waktu pembayaran kredit yang lebih baik.
4.      Tidak ada pembekuan dana jika L/C diubah menjadi cash in advance.
5.      Dalam hal dana sudah dibayarkan (melalui bank), lebih mudah menarik kembali dananya jika eksportir tidak mampu melakukan pengiriman yang pantas.

  Kerugian bagi importir:
1.      Syarat dan ketentuan yang berlaku di bank mungkin memberatkan importir, misalnya karena importir dianggap belum bonafid atau nilai transaksi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.
2.      Tidak banyak bank yang dapat mengeluarkan L/C, terutama di masa krisis ekonomi
Jenis-jenis L/C
  1. Apabila dilihat dari dapat tidaknya dibatalkannya L/C
a.      REVOCABLE
L/C dapat dibatalkan sewaktu-waktu tanpa memberitahukan kepada pihak-pihak lain.
b.      IRREVOCABLE
Setiap perubahan atau pembatalan harus diberitahukan kepada pihak lain.
  1. Apabila dilihat dari saat pembayaran L/C oleh importirSIGHT L/C
Begitu dokumen diterima oleh importir maka pada saat itu juga importir harus membayar.
a.      USANCE L/C
Memberi kesempatan kepada importir pada waktu yang ditentukan oleh pihak bank.

Countertrade
Adalah bentuk transaksi bisnis internasionalk dengan imbal beli, dimanapara pihak menerima sesuatu selain uang sebagai pembayaran atasbarang dan jasanya. Bentuk-bentuk countertrade ; barter,counterpurchase, buy back,dan offset purchase.
Kelemahan:
  1. Kurang efisien dibandingkan pembayaran kontan atau kredit.
  2. Perusahaan yang melakukan counter-trade kesulitan mendapatkan uang tunai di pasar internasional.
Bentuk-bentuk counter-trade:
  1. Barter: Pertukaran secara langsung, barang dengan barang.
  2. Counter-purchase atau barter paralel: Penjualan dan pembelian dari barang yang tidak berhubungan.
  3. Buyback: Membayar kembali barang yang dibeli dengan menjual produk yang berhubungan.
Alasan counter-trade:
  1. Counter-trade memungkinkan anggota suatu kartel seperti OPEC untuk menurunkan harga dari yang disepakati.
  2. Counter-trade mengurangi risiko yang dihadapi suatu negara yang melakukan kontrak baru fasilitas manufaktur.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam counter-trade:
Nilai jual kembali produk pertanian di futures market. Sepanjang perusahaan telah memperhitungkan nilai jual kembali, maka tidak masalah jika harus dipertukarkan antara dua barang yang tidak sederajat dalam teknologi. Tingkat keuntungan yang dipersyaratkan dalam counter-trade harus benar-benar fair.Dengan counter-trade, biaya broker dapat dihemat. Counter-trade menjadi alternatif di saat cadangan devisa tidak memadai.



2.2  MENGELOLA RESIKO NILAI TUKAR
perusahaan dipengaruhi oleh perubahan kurs. Ini disebut dengan  eksposur. Secara khusus, perusahaan multinasional menghadapi eksposur transaksi, translasi dan ekonomi, yang berubah akibat kurs valas dan mempengaruhi perusahaan dalam cara yang berbeda dan memerlukan teknik manajemen yang berbeda.

PENGATURAN NILAI TUKAR
  1. Pegged Exchange rate : mata uang negara-negara tersebut dipautkan pada satu mata uang  atau sekelompok mata uang tertentu.
  2. Limited – flexibility arrangements : nilai tukar memiliki fleksibilitas terbatas dibandingkan dengan baik satu mata uang ataupun sekelompok mata uang tertentu. Misalnya mata uang Euro
  3. More flexible arrangements : exchange rate cukup flexibel, termasuk di dalamnya mata uang yang difloating seperti Renminbi RRC.
  4.  Metode ini dapat dikatakan mengikuti kekuatan permintaan dan penawaran pasar.

Eksposur Transaksi Perusahaan menghadapi transaction exposure atau keterpaparan resiko transaksi ketika keuntungan dan biaya keuangan suatu ranskasi internasonal dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar, setelah perusahaan memiliki kewajiban untuk menyelesaikan transkasi tersebut.
Strategi mengelola eksposur Transaksi Tidak peduli Strategi mengelola eksposur Transaksi :
STRATEGI
KEUNTUNGAN
BIAYA
Tidak Peduli
Tidak ada pengeluaran modal,berpotensi untuk mendapatkan capital gain jika mata uang negara asal naik
Berpotensi terjadinya kerugian modal (capital loss) jika nilai mata uang negara asal turun.
Membeli Mata uang ke depan untuk penyerahan kemudian
Menghapuskan eksposur transaksi, flesibilitas dalam menentukan jumlah dan kontrak
Biaya bank, hilangnya kesempatan untuk memperioleh keuntungan, jika nilai mata uang negara asal naik
Membeli Mata uang berjangka
Menghapuskan eksposur transaksi, kontrak dimasa depan relatif mudah dan murah
Biaya broker yang relatif murah,kurang fleksibel dalam menentukan jumlah dan waktu kontrak, hilagnya kesempatan untuk memperoleh keuntungan modal jika mata uang negara asal naik.


STRATEGI
KEUNTUNGAN
BIAYA

Membeli Opsi mata uang (kontrak dimana satu pihak membayarkan sejumlah uang pada pihak lain untuk mendapatkan hak sejumlah nilai mata uang selama jangka waktu tertentu)
Menghapus eksposur transaksi, berpotensi untuk mendapatkan keuntungan modal jika nilai mata uang negara asal nail
Ada premium yang harus dibayar untuk opsi ini karena
sifatnya yang mau enaknya sendiri, kurang fleksibel dalam menentukan jumlah dan waktu opsi
Memperoleh aktiva yang bisa mengimbangi eksposur
transkasi Biaya yang harus dikeluarkan untuk megatur transaksi
hilangnya kesempatan untuk memperoleh keuntungan jika mata uang negara asal naik


 
Eksposur Translasi
Adalah dampak fluktuasi nlai tukar pada laporan keuangan konsolidasi yang mengubah nilai anak perusahaan luar negeri jika diukur dalam mata uang induk perusahaan. Perusahaan dapat mengurangi eksposur translasi dengan memakai baklance sheet hedge dengan mencocokan denominasi mata uang dengan kewajiban denominasi yang sama (tiaptiap mata uang)

Eksposur Ekonomi
Yaitu dampak perubahan nilai tukar yang tidak diantisipasi pada nilai perasi perusahaan. Fluktuasi nila tukar yang tidak diantisipasi dapat mempengaruhi keseluruhan penjualan dan profitabilitas dibanyak pasar. Salah satu yang digunakan dalam memprediksi fluktuasi nilai tukar mata uang dimasa depan adalah dengan memperhatikan kinerja neraca pembayaran suatu negara, karena memberikan wawasan apakah industri suatu negara masih tetap bisa bersaing di pasar dunia danapakah investasi jangka pendek luar negeri di suatu negara meningkat. Manajer Kuangan Internasional harus mempertimbangkan posisi modal kerja perusahaan disetiap anak perusahaan di
luar negeri dan dalam setiap mata uang. Dalam proses tersebut mereka harus mempertimbangkan
3 (tuga) tujuan utama keuangan perusahaan :
  1. Meminimalkan jumlah modal kerja
  2. Meminimalkan biaya konversi mata uang
  3. Meminimalkan resiko nilai tukar/

2.3  MANAJEMEN MODAL KERJA

  •  Meminimalkan Jumlah Kas Perusahaan domestik maupun multinasional harus menyeimbangkan kepemilikan kas , agar sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara yang dipakai perusahaan multinasional adalah dengan manajemen kas tersenralisasi.
  • Meminimalkan biaya konversi Mata Uang Anak Perusahaan multinasional umumnya memiliki transaksi dengan mata uang dari berbagai negara, dampaknya adalah biaya transfer (fee, konversi) mata uang tersebut secara komulatif menjadi besar. Biaya tersebut bisa dikurangi bila anak perusahaan tersebut melakukan bilateral netting (jaringan transaksi antara dua unit bisnis) ataupun multilateral netting.
  • Meminimalkan resiko nilai tukar Seringkali perusahaan menggunakan strategi leads and lags ( mempercepat atau memperlambat pembayaran utang), perusahaan akan meminta anak perusahaan untuk mengirim
  • lebih cepat apabila mata uang dinegara tsb cenderung menurun.
Pengelola keuangan melakukan pemilihan terhadap rencana investasi baru yang signifikan bagi perusahaan, dengan melakukan evaluasi dengan berbagai metode :
a.       Net Present Value
b.       Internal Rate of Return
c.       Payback Period


2.4  PENGANGGARAN MODAL INTERNASIONAL

Net Present Value Pendekatan ini berdasarkan kaedah bahwa nilai satu dolar saat ini, akan lebih besar dimasa yang akan datang. Perusahaan akan membiayai suatu proyek apabila menghasilkan NPV yang positif. Namun demikian beberapa hal perlu dipertimbangan dalam investasi internasional adalah :
-Penyesuaian resiko
- Pilihan mata uang
- Perspektif siapa induk perusahaan atau proyek

Internal Rate of Return Perusahaan akan mengitung suatu proyek yang memberikan NPV Nol, kemudian membandingkan IRR tersebut dengan tingkat minimal pengembalian yang dapat diterima oleh perusahaan atas modal investasinya (hurdle rate). Perusahaan akan memutuskan apabila nilai IRR lebih tinggi dari hurdle rate.

Payback Period Pendekatan pemilihan proyek/investasi didasarkan pada jumlah tahun yang digunakan untuk perusahaan untuk menutup/membayar kembali atas modal investasinya. Para Manajer Keuangan Internasional harus mencari sumber modal yang berbiaya rendah, seperti :
a.       Sumber Internal
b.      Sumber Eksternal




2.5  SUMBER-SUMBER INVESTASI INTERNASIONAL

Sumber sumber pembiayaan
Sumber-sumber dana yang tersedia dapat diklasifikasikan menajadi tiga yaitu:
1.      Dana yang diperoleh secara internal dari perusahaan afiliasi
2.      Dana yang bersal dari grup perusahaan yang sama
3.      Dana yang berasal dari sumber eksternal di luar group perusahaan
4.      Dana yang diperoleh secara internal dari perusahaan afiliasi berasal dari depresiasi dan laba ditahan.
Dana yang diperoleh dari group perusahaan yang dapat terdiri atas:
pertama, dana dari perusahaan induk yang berupa:
1.      Investasi ekuitas dalam uang tunai maupun barang riil,
2.      Pinjaman tunai
3.      Lead and lags (perusahaan dapat mempercepat (leading) maupun ,menunda (lagging) pembayaran dengan persyaratan kredit)
Kedua, pinjaman dari luar negara induk, yang dapat berupa:
1.      Utang dalam mata uang lokal
2.      Utang dalam mata uang negara ketiga
3.      Utang dalam uerocurrency
Ketiga, saham lokal yang berasal dari pemegang saham lokal perseorangan dan mitra pautangan
Dalam praktiknya pasar keuangan internasional tidak pernah “sempurna”, dalam arti harga yang terjadi tidak murni akibat bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran. Akibat terjadilah distorsi terhadap harga pasar. Distorsi dalam pasar keuangan internasional muncul karena pajak, kontrol terhadap modal dan kredit, subsidi pemerintah dan insentif.
a.      Pajak
Banyak perusahaan yang mempertimbangkan, bahwa pembiayan dengan utang menjadi lebih rendah daripada dengan modal sendiri. Karena biaya bunga akan mengurangi pajak. Sedangkan deviden dibayar setelah pajak

1.      Zero-Coupon Bonds
investor dapat memperoleh keuntungan dari selisih antara harga yang telah dikurangi dengan jumlah pengembalian yang mereka terima.
2.      Pembiayaan Debt Versus Equity
Pembayaran Bungan utang oleh perusahaan induk, umumnya mengurangi pajak pada perusahaan afiliasi namun pada deviden tidak.
3.      Kredit Pemerintah dan Kontrol Devisa
Beberapa alasan pokok campur tangan pemerintah terhadap pasar keungan sebagi berikut:
• Untuk membatasi pertumbuhan dana yang dipinjamkan
• Untuk menuntukan biaya dari jenis pinjaman tertentu
• Menyalurkan dana langsung pada aktifitas yang produktif
4.      Subsidi dan Insentif Pemerintah
Banyak negara menawarkan sejumlah insentif pada investasi langsung, di antaranya adalah:
a.       Tingkat bunga yang rendah
b.      Pinjaman dengan jatuh tempo yang relative terlalu lama.
c.       Jaminan pengembalian dana
d.      Bantuan yang dihubungakan dengan ukuran proyek
e.       Harga tanah yang murah
f.       Bentuk bangunan yang menguntungkan

b.      Startegi Pembiayaan Ekspor
Kuncinya dalah perlunya melihat negara-negara mana saja yang merupakan pasar potensial dan sumber pembiayaan ekspor potensial.
c.       Strategi Pembiayan Impor
Perusahaan perlu menyusun daftar barang dan jasa yang diperlukan serta mengidentifikasi sumber-sumber potensial suatu negara


d.      Bank Pembangunan Daerah and Internasional
Bank dunia biasanya memberikan fasilitas pinjaman dengan biaya rendah, jangka waktu pengembalian yang lama, dan dana jenis tertentu dengan bunga tetap.
e.       Inovasi keuangan
pada dasarnya manusia mempunyai perbedaan selera, preferensi dan tingkat konsumen. Pasar sekuritas perlu merancang produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.


















BAB III PENUTUP

KESIMPULAN
Manajemen keuangan internasional ialah perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian Keuangan Perusahaan Multinasional (Multinational Corporation yang lazim disebut MNC). Dalam setiap transaksi bisnis,pembeli dan penjual harus menegosiasikan dan mencapai perjanjian atas isu-isu mendasar seperti harga,kuantitas dan tanggal pengiriman
Perusahaan Internasional menghadapi tantangan yang jauh lebih komplek dibandingkan dengan perusahaan domestik. Dalam setiap transaksi bisnis, yang melibatkan pembeli dan penjual dari dua negara, beberapa isu yang akan muncul serta mengelola resiko nilai tukar dan penganggaran yang digunakan dari sumber2 investasi.

6 Komentar:

Pada 23 September 2017 pukul 23.03 , Blogger Widya Okta mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

 
Pada 15 Januari 2018 pukul 16.26 , Blogger Unknown mengatakan...

Aku adalah Mrs. Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah dibodohi oleh banyak pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu Amal meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah (Rp750 juta) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan tingkat bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah yang saya ajukan Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya. Itu

 
Pada 13 April 2018 pukul 22.12 , Blogger Unknown mengatakan...

min, sumbernya darimana ya ? boleh tau gak bukunya apa ? karangan siapa ?

 
Pada 27 Januari 2019 pukul 12.06 , Blogger Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

 
Pada 20 Maret 2019 pukul 05.49 , Blogger Indriaty Manirjo mengatakan...

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

 
Pada 4 Maret 2022 pukul 11.52 , Blogger safyrsabharwal mengatakan...

Black Hawk - Casinos Near Me | MapyRO
Black Hawk 충주 출장마사지 Casinos - 당진 출장안마 2021 동해 출장샵 Near Me. Find the best Black Hawk casinos 충주 출장마사지 with Mapyro 당진 출장안마 and other local guides. Best casino near me in 2022.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda